Kaya Akan Filosofi dan Berani Warna, Arumi Bachsin Kagumi Batik Madura

Kaya Akan Filosofi dan Berani Warna, Arumi Bachsin Kagumi Batik Madura

Johan Risal 2018-09-02 07:50:52

Rabu, 7 Maret 2018 22:17

SURYA.co.id | PAMEKASAN - Batik Madura mendapatkan tempat tersendiri di hari Arumi Bachsin. Istri Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak ini bahkan memborong banyak batik usai mengakhiri safari politik di Pamekasan, Madura, Rabu (7/3/2018).

Gerai batik Madura yang dituju Arumi berada di jajaran pusat oleh-oleh di Jalan Raya Bangkalan kawasan Jembatan Suramadu. Di sana ia menyempatkan diri untuk berburu kain batik favoritnya.

"Aku suka banget sama batik Madura. Lihat nih, kalau batik Madura itu beda ya sama Jawa Tengah, selalu berani sama warna. Kalau Jawa Tengah kan ciri khasnya selalu cokelat gitu kan, kalau Madura lebih variasi aja warnanya," kata Arumi.

Warna kuning, merah dan bright colour lainnya dikatakan Ketua Tim Penggerak PKK Trenggalek itu menjadi kekuatan tersendiri dari Batik Madura.

Tidak hanya itu, Arumi juga mengatakan, batik Madura memiliki banyak nilai filosofis. Makanya, dalam kesempatan tersebut ia memborong beberapa helai kain batik.

"Bagus dan memang pengen punya batik khas Madura. Jadi di Madura itu ada yang serat kayu namanya ya. Yang salah satunya itu bermotif merak, melambangkan keindahan. Jadi bagus dan indah," tukasnya.

Tidak hanya memborong batik, ia juga lantas membeli buah tangan berupa batik serat kayu Madura bermotif merak, petis, gula dan beberapa aksesoris lain di toko yang sudah berdiri sejak belum dibangunnya Jembatan Suramadu itu.

Sementara itu, sesaat melihat kunjungan Arumi ke tokonya, penjual mengaku senang. "Saya suka Mbak Arumi berkunjung kesini. Saya berharap sukses mbak," kaa Anis yang mengaku telah setahun menjual batik di toko kakaknya tersebut.

Lebih lanjut, wanita asal Madura itu berharap agar kelak UMKM sentra batik bisa dikembangkan.

"Saya harap jika bu Khofifah dan pak Emil terpilih, nanti juga UMKM nanti dikembangkan," ungkapnya sembari menunjukan beberapa dagangannya kepada Arumi.

(Dikutip dari http://surabaya.tribunnews.com/2018/03/07/kaya-akan-filosofi-dan-berani-warna-arumi-bachsin-kagumi-batik-madura)